Pengenalan konfigurasi dasar server

PENGENALAN KONFIGURASI DASAR SERVER 







PENDAHULUAN

Assalamu'alaikum wr wb ...
Saya disini akan melanjutkan program/kegiatan saya disini dengan belajar konfigurasi dasar server
berikut penjelasannya

1. SETTING KONFIGURASI  NETWORK

network merupakan jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan satu dengan yang lainya melalui suatu jalur tranmisi alat komunikasi yang membentuk suatu sistem.Dengan network komputer yang satu dapat menggunakan data yang ada dikomputer yang lain,dalam waktu yang bersamaanpun,keduanya dapat dikerjakan.dapat pula memberi berita kekomputer yang lain walaupun berbeda tempat dan jarak yang jauh.network merupakan cara yang sangat berguna untuk mengintegrasikan sistem informasi dan menyalurkan arus informasi dari suatu tempat ke tempat yang lain.

Baca selengkapnya :
http://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/fungsi-network-layer

 https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer


2. SETTING REPOSITORY

Repository adalah kumpulan paket software ataupun kumpulan aplikasi yang di kumpulkan di satu tempat media dalam hal ini bisa media CD,DVD,HD,Lan ataupun internet ( mungkin ada media lain cuman yang saya tau baru itu )...

Fungsi utama dari repository ini adalah installasi software atau aplikasi melalui media yang di jelaskan di atas (laptop nya di ambil dulu )
 Baca selengkapnya :

http://www.siswamaster.com/2015/11/pengertian-repository-linux.html

 3. HOSTNAME

Hostname adalah label yang diberikan ke perangkat yang terhubung ke jaringan komputer dan digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dalam berbagai bentuk komunikasi elektronik seperti www (world wide web), e-mail/ usenet. Nama host mungkin nama sederhana yang terdiri dari sebuah kata / frase tunggal / mereka mungkin telah ditambahkan nama domain , yang merupakan nama dalam domain name system (DNS) dipisahkan dari label tertentu host dengan ttitik (dot).
Nama host atau Hostname adalah nama komputer. Pemberian nama ini spesifik, untuk satu komputer tertentu saja dalam suatu jaringan.
Karena sifatnya yang unik, maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama.
Jika terjadi penamaan yang sama, maka sistem akan memberitahukan bahwa telah terjadi duplikasi nama. Tapi jika komputer tidak saling terkoneksi ke jaringan memberikan nama komputer yang sama tidak masalah.


http://sikil-rayapen.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-dan-cara-mengetahui-hostname.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Hostname

4. KONFIGURASI LOCALES


Apa itu locale? setahu saya si encoding, yang kadang muncul pas kita mau install aplikasi trus ada yang error pada codingnya, biasanya itu belum kita setting localenya

5. KONFIGURASI NTP


Apa sih NTP? Network Time Protocol (NTP) adalah sebuah protokol untuk sinkronisasi jam-jam sistem komputer di atas paket-switching, variabel-latency jaringan data. NTP menggunakan UDP pada port 123 sebagai lapisan transport. Ini dirancang khusus untuk melawan efek variabel laten dengan menggunakan jitter buffer. NTP juga mengacu pada referensi implementasi software yang didistribusikan oleh Proyek Pelayanan Publik NTP.

NTP merupakan salah satu tertua protokol internet masih digunakan (sejak sebelum 1985). NTP ini awalnya dirancang oleh Dave Mills dari University of Delaware, yang masih mempertahankan itu, bersama dengan tim relawan.

Baca selengkapnya:


6. SETTING BASH.BASHRC

Bash (born again shell) adalah bahasa tingkat tinggi yang hebat untuk administrasi sistem. Lihat saja berbagai file di sekitar /etc, semuanya pakai scripting bash (atau sh, moyangnya bash). Jadi anda harus menguasainya kalau mau hacking Linux.

Baca selengkapnya :

Sekian dari saya semoga bermanfaat...
Assalamu'alaikum wr.wb  

 

 








Pengenalan konfigurasi dasar server Pengenalan konfigurasi dasar server Reviewed by Panggih on Agustus 19, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.