OSI LAYER

OSI LAYER 

PENDAHULUAN 

Assalamu'alaikum wr.wb
Pada hari ini saya akan mempresentasikan kegiatan saya disini dengan mempelajari tentang osi layer ...
Berikut penjelsannya

PENGERTIAN


Apa itu OSI Layer?
OSI Layer adalah suatu model yang diciptakan untuk menyatakan model jaringan yang melakukan interkoneksi tanpa memandang perangkat keras/hardware yang digunakan, sepanjang software komunikasi sesuai dengan standard. Hal ini secara tidak langsung menimbulkan modularity(dapat dibongkar pasang).
“Modularity” mengacu pada pertukaran protokol di level tertentu tanpa mempengaruhi atau merusak hubungan atau fungsi dari level lainnya
Kerja dan fungsi OSI Layer dapat dicontohnya seperti Jasa Antar/Kurir. “Modularity” pada level transportasi menyatakan bahwa tidak penting bagaimana cara paket sampai ke pesawat.

LATAR BELAKANG 

Mengetahui apa itu osi layer ...

MAKSUD DAN TUJUAN 

Agar bisa mengetahui tentang Osi layer

 HASIL YANG DIDAPATKAN 

Agar bisa menguasai tentang osi layer

ISI



Application Layer
Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program komputer, seperti program e-mail dan service lain yang jalan di jaringan, seperti server printer atau aplikasi komputer lainnya.
Program aplikasi yang sering digunakan, yaitu E-mail, WWW (World Wide Web), EDI(Electronic Data Interchange).

Presentation Layer

Bertanggungjawab bagaimana data dikonversi dan diformat untuk transfer data. Contoh konversi format text ASCII untuk dokumen, .gif dan JPG untuk gambar, dan lain sebagainya. Layer ini membentuk kode konversi, translasi data, enkripsi dan konversi.


Session Layer

Menentukan bagaimana dua terminal menjaga, memelihara dan mengatur koneksi. Pada layer ini juga dilihat bagaimana mereka saling berhubungan satu sama lain. Koneksi di layer ini disebut “session”.
  Komunikasi dapat berlangsung dalam tiga mode dialog:




Transport Layer

Bertanggungjawab membagi data menjadi segmen, serta menjaga koneksi logika “end-to-end” antarterminal, dan menyediakan penanganan error (error handling). Lapisan transport berfungsi untuk mencari jalur (routing) yang kosong untuk transmisi data.

LAYER SEASION


Layer Session, sesuai dengan namanya, sering disalah artikan sebagai prosedur logon pada network dan berkaitan dengan keamanan. Layer ini menyediakan layanan ke dua layer diatasnya, Melakukan koordinasi komunikasi antara entiti layer yang diwakilinya. Beberapa protocol pada layer ini: NETBIOS: suatu session interface dan protocol, dikembangkan oleh IBM, yang menyediakan layanan ke layer presentation dan layer application. NETBEUI, (NETBIOS Extended User Interface), suatu pengembangan dari NETBIOS yang digunakan pada produk Microsoft networking, seperti Windows NT dan LAN Manager. ADSP (AppleTalk Data Stream Protocol). PAP (Printer Access Protocol), yang terdapat pada printer Postscript untuk akses pada jaringan AppleTalk.


LAYER PRESENTATION

Layer presentation dari model OSI melakukan hanya suatu fungsi tunggal: translasi dari berbagai tipe pada syntax sistem. Sebagai contoh, suatu koneksi antara PC dan mainframe membutuhkan konversi dari EBCDIC character-encoding format ke ASCII dan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Kompresi data (dan enkripsi yang mungkin) ditangani oleh layer ini.

LAYER APLICATION

Layer ini adalah yang paling “cerdas”, gateway berada pada layer ini. Gateway melakukan pekerjaan yang sama seperti sebuah router, tetapi ada perbedaan diantara mereka. Layer Application adalah penghubung utama antara aplikasi yang berjalan pada satu komputer dan resources network yang membutuhkan akses padanya. Layer Application adalah layer dimana user akan beroperasi padanya, protocol seperti FTP, telnet, SMTP, HTTP, POP3 berada pada layer Application.

WAKTU PELAKSANAAN 

-+ 30 menit

HASIL YANG DIDAPATKAN

Dapat mengetahui apa itu osi layer ..

KESIMPULAN

Dapat menjelaskan tentang osi layer 7

Sekian dari saya semoga bermanfaat .. terimakasih 

OSI LAYER OSI LAYER Reviewed by Panggih on Agustus 24, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.