SOP ( STANDART OPERATIONAL PROCEDURE )

SOP (STANDART OPERATIONAL PROCEDURE)




PENDAHULUAN

Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat pagi sahabat blogger kali ini saya akan memposting tentang sop (standart operational procedure)
Berikut ini penjelelasannya

PENGERTIAN

PENGERTIAN
  SOP (STANDART OPERASIONAL PROSEDUR ) adalah serangkaian intruksi kerja tertulis yng di bakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan ,bagaimana dan kapan harus di lakukan ,di mana dan oleh siapa di lakukan.

menurut  Tjipto atmoko,SOP merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakn tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis,administratif dan prosedural sesuai tata kerja,prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

LATAR BELAKANG

Ingin mengetahui tentang SOP

MAKSU DAN TUJUAN

Dapat memahami tentang SOP

HASIL YANG DIHRAPAKAN

Dapat memahami serta menguasai tentang SOP

WAKTU PELAKSANAAN

-+45 menit

ALAT DAN BAHAN

Buku tentang SOP
Ebook tkj blc telkom

PROSES DAN TAHAPANNYA


Manfaat SOP (standart operasional prosedure)
1.sebagai standarisasi cara yang di lakukan pegawai dalam menyelesaikan   pekerjaanya.
2.mengurangi tinkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin di lakukan pegawai
3.meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam mengemban tugas dan tanggung jawab
4.membantu pegawai lebih mandiri
5.meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas
6.menciptakan ukuran standart kinerja
7.memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai

Tujuan SOP
1.agar pegawai menjaga konsistensi dan kinerja
2.agar mengetahui dengan jelas fungsi dan peran tiap-tiap posisi dalam organisasi
3.memperjelas alur tugas,wewenang dan tanggun jawab seorang pegawai
4.melindungi unit kerja dan pegawai dari kesalahan administrasi lainya
5.untuk menghidari kegagalan ,duplikasi.keraguan,inefisiensi


Fungsi SOP
1.memeperlancar tugas pegawai dan unit kerja
2.sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan
3.mengetahui dengan jelas hambatan-hambatan dan mudah di lacak
4.mengarahkan pegawai untuk disiplin
5.sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.

Keuntungan SOP
1.Sop dapat di gunakan untuk mengukur kinerja pegawai
2.para pegawai akan lebih percaya diri dn tahu apa yang harus di capai dalam pekerjaan
3.Sop menjadi pedoman,alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan dengan konsisten.



Simbol-simbol SOP
1.Format umum SOP
ada 4 faktor yang dapat di jadikan dasar dalam penentuan format penyusunan SOP yaitu
a.banyaknya keputusan yang akan di buat dalam penyusunan suatu prosedur
b.banyaknya langkah dan sub langkah yang di perlukan
c.siapa yang dijadikan target dalam pelaksanaan SOP
d.tujuan yang ingin di capai dalam pembuatan SOP ini

ada 4 jenis format SOP
1.langkah sederhana (simple steps)
2.tahapan berurutan (hierarchial steps)
3.grafik (graphich)
4.diagram alir(flowchart)

teknik menyusun SOP
1.menentukan tujuan
2.membuat rancangan awal
3.melakukan evaluasi internal
4.melakukan evaluasi eksternal
5.melakukan uji coba
6.menempatkan prosedur dalam unit yang terkait
7.menjalankan prosedur yang telah dibuat

HASIL YANG DIDAPATKAN

Dapat mengetahui tentang SOP

TEMUAN PERMASALAHAN

-

REFERENSI

http://retnotkjsakti.blogspot.co.id/2016/11/sop-standart-operating-prosedur.html
SOP ( STANDART OPERATIONAL PROCEDURE ) SOP ( STANDART OPERATIONAL PROCEDURE ) Reviewed by Panggih on September 15, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.