SOP ( STANDART OPERATIONAL PROCEDURE )
SOP (STANDART OPERATIONAL PROCEDURE)
PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum wr.wb.Selamat pagi sahabat blogger kali ini saya akan memposting tentang sop (standart operational procedure)
Berikut ini penjelelasannya
PENGERTIAN
PENGERTIANSOP (STANDART OPERASIONAL PROSEDUR ) adalah serangkaian intruksi kerja tertulis yng di bakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan ,bagaimana dan kapan harus di lakukan ,di mana dan oleh siapa di lakukan.
menurut Tjipto atmoko,SOP merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakn tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis,administratif dan prosedural sesuai tata kerja,prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.
LATAR BELAKANG
Ingin mengetahui tentang SOPMAKSU DAN TUJUAN
Dapat memahami tentang SOPHASIL YANG DIHRAPAKAN
Dapat memahami serta menguasai tentang SOPWAKTU PELAKSANAAN
-+45 menitALAT DAN BAHAN
Buku tentang SOPEbook tkj blc telkom
PROSES DAN TAHAPANNYA
Manfaat SOP
(standart operasional prosedure)
1.sebagai standarisasi cara yang di lakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaanya.
2.mengurangi tinkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin di lakukan pegawai
3.meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam mengemban tugas dan tanggung jawab
4.membantu pegawai lebih mandiri
5.meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas
6.menciptakan ukuran standart kinerja
7.memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai
Tujuan SOP
1.agar pegawai menjaga konsistensi dan kinerja
2.agar mengetahui dengan jelas fungsi dan peran tiap-tiap posisi dalam organisasi
3.memperjelas alur tugas,wewenang dan tanggun jawab seorang pegawai
4.melindungi unit kerja dan pegawai dari kesalahan administrasi lainya
5.untuk menghidari kegagalan ,duplikasi.keraguan,inefisiensi
Fungsi SOP
1.memeperlancar tugas pegawai dan unit kerja
2.sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan
3.mengetahui dengan jelas hambatan-hambatan dan mudah di lacak
4.mengarahkan pegawai untuk disiplin
5.sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
Keuntungan SOP
1.Sop dapat di gunakan untuk mengukur kinerja pegawai
2.para pegawai akan lebih percaya diri dn tahu apa yang harus di capai dalam pekerjaan
3.Sop menjadi pedoman,alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan dengan konsisten.
1.sebagai standarisasi cara yang di lakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaanya.
2.mengurangi tinkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin di lakukan pegawai
3.meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam mengemban tugas dan tanggung jawab
4.membantu pegawai lebih mandiri
5.meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas
6.menciptakan ukuran standart kinerja
7.memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai
Tujuan SOP
1.agar pegawai menjaga konsistensi dan kinerja
2.agar mengetahui dengan jelas fungsi dan peran tiap-tiap posisi dalam organisasi
3.memperjelas alur tugas,wewenang dan tanggun jawab seorang pegawai
4.melindungi unit kerja dan pegawai dari kesalahan administrasi lainya
5.untuk menghidari kegagalan ,duplikasi.keraguan,inefisiensi
Fungsi SOP
1.memeperlancar tugas pegawai dan unit kerja
2.sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan
3.mengetahui dengan jelas hambatan-hambatan dan mudah di lacak
4.mengarahkan pegawai untuk disiplin
5.sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
Keuntungan SOP
1.Sop dapat di gunakan untuk mengukur kinerja pegawai
2.para pegawai akan lebih percaya diri dn tahu apa yang harus di capai dalam pekerjaan
3.Sop menjadi pedoman,alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan dengan konsisten.
Simbol-simbol SOP
1.Format umum SOP
ada 4 faktor yang dapat di jadikan dasar dalam penentuan format penyusunan SOP yaitu
a.banyaknya keputusan yang akan di buat dalam penyusunan suatu prosedur
b.banyaknya langkah dan sub langkah yang di perlukan
c.siapa yang dijadikan target dalam pelaksanaan SOP
d.tujuan yang ingin di capai dalam pembuatan SOP ini
ada 4 jenis format SOP
1.langkah sederhana (simple steps)
2.tahapan berurutan (hierarchial steps)
3.grafik (graphich)
4.diagram alir(flowchart)
teknik menyusun SOP
1.menentukan tujuan
2.membuat rancangan awal
3.melakukan evaluasi internal
4.melakukan evaluasi eksternal
5.melakukan uji coba
6.menempatkan prosedur dalam unit yang terkait
7.menjalankan prosedur yang telah dibuat
HASIL YANG DIDAPATKAN
Dapat mengetahui tentang SOPTEMUAN PERMASALAHAN
-REFERENSI
http://retnotkjsakti.blogspot.co.id/2016/11/sop-standart-operating-prosedur.html
SOP ( STANDART OPERATIONAL PROCEDURE )
Reviewed by Panggih
on
September 15, 2017
Rating:
Tidak ada komentar: